Senin, 20 November 2017

Pendidikan Karakter dan Motivasi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017

-----PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA AKADEMI KOMUNITAS SINGKAWANG-----

Keseriusan Pemerintah Kota Singkawang membangun Akademi Komunitas Singkawang tidak perlu diragukan. Keseriusan tersebut tidak hanya dilihat dari penyediaan lahan untuk membangun kampus dan penyediaan fasilitas sementara kampus AK Singkawang, tetapi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Akademi Komunitas Singkawang selalu diikuti dan dihadiri seluruh SKPD di lingkungan Pemerintahan Kota Singkawang, ujar Sekda Pemerintah Kota Singkawang Drs. Syech Bandar, M.Si. Pemerintah Kota Singkawang mengapresiasi Politeknik Negeri Pontianak yang tetap solid membina Akademi Komunitas Singkawang. Komitmen tersebut dimasa akan datang selalu terjaga dalam rangka memajukan Akademi Komunitas Singkawang. Dia juga menjelaskan dan mengapresiasi karena seluruh SKPD Pemerintah Kota Singkawang ikut sertakan ambil bagian Akademi Komunitas Singkawang. Dukungan Pemerintah Kota Singkawang tidak perlu diragukan dan di daerah lain belum tentu seperti ini, ujar Sekda Pemerintah Kota Singkawang. Apapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Akademi Komunitas Singkawang harus lebih baik dari perguruan tinggi yang ada di Kota Singkawang. Hal ini menurut Sekda, karena seluruh SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Singkawang menjadi Pembina Akademi Komunitas Singkawang.

Sekda Pemerintah Kota Singkawang berpesan kepada seluruh mahasiswa/i Akademi Komunitas  Singkawang, jangan bercita-cita lulus menjadi PNS tetapi jadilah Entrepreneur atau pengusaha karena sudah dibekali keterampilan/skill,  ujarnya mengakhiri sambutan. Sementara itu, Pembantu Direktur I Arianto, SE, MM mewakili Direktur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang atas keseriusan dan komitmennya membangun Akademi Komunitas Singkawang sampai hari ini tidak pernah berkurang dan animo masyarakat untuk kuliah di Akademi Komunitas Singkawang selalu meningkat. Indikator inilah, menurut Pembantu Direktur I menjadikan Akademi Komunitas Singkawang menjadi salah satu dari 7 Akademi Komunitas untuk dijadikan Satuan Kerja (Satker) yang mandiri. Politeknik Negeri Pontianak akan berupaya melakukan langkah-langkah untuk mempercepat pendirian Akademi Komunitas Singkawang menjadi Satker.

Hari ini merupakan awal kegiatan mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 untuk mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter. Pendidikan karakter itu sendiri merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral itu merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa. Orang yang berkarakter pasti akan berhasil, namun orang yang berhasil belum tentu berkarakter. Jika kita membaca buku orang sukses, umumnya mereka mengalami kegagalan dan mereka tidak menyerah. Mengapa mereka lalu sukses ! Hanya 1 jawabannya yakni MENTAL. Seorang Entrepreneur adalah seorang yang mendedikasikan hidupnya dan semangatnya yang bergelora untuk menembus keberhasilan yang orang lain tidak dapat bayangkan. Mental atau yang kita kenal sebagai karakter menjadi sangat penting karena, hal itulah dasar dari segalanya. Hal ini sama saja seperti ketika kita sedang tidur dan bermimpi indah, kita dapat memilih untuk terus tidur, atau bangun dan mulai mewujudkan hal itu menjadi nyata. Mental adalah suatu hasrat yang mengarahkan hidup kita menjadi seperti apa yang kita inginkan. Mental menentukan apakah kita akan bertahan atau benar-benar terpental dari arena pertandingan.
Pendidikan karakter tidak didapat dari mana pun, tetapi harus tumbuh dari dalam diri seseorang. Karakter seorang individu terbentuk sejak dia kecil karena pengaruh genetik dan lingkungan sekitar. Proses pembentukan karakter, baik disadari maupun tidak, akan mempengaruhi cara individu tersebut memandang diri dan lingkungannya dan akan tercermin dalam perilakunya sehari-hari. Jadi bagi mahasiswa, sangat penting untuk mendapatkan pendidikan karakter, hal ini bertujuan untuk memperkuat akhlak dan sifat terpuji. Karena kepandaian di bidang pendidikan saja belum cukup tanpa bekal moral dan karakter yang kuat. Seperti kita lihat sekarang ini, dimana orang-orang pandai malah menyalahgunakan kepandaiannya untuk melakukan tindak pidana seperti korupsi atau menjadi teroris. Kalau saja mereka memiliki karakter dan budi pekerti yang kuat, tentu hal itu tidak akan terjadi. Jadi untuk alasan kebaikanlah maka perlu di tekankan pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa. Oleh karena itu, kita harus merubah karakter kita menjadi karakter sukses. Karakter sukses adalah bekerja keras untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan, tidak pernah mengeluh apapun resikonya yang kita hadapi. Karena untuk beberapa tahun kedepan yang dibutuhkan adalah orang-orang yang memiliki karakter yang baik. Keinginan menjadi bangsa yang demokratis, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), menghargai dan taat hukum adalah beberapa karakter bangsa yang diinginkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu perlu dicari jalan terbaik untuk membangun dan mengembangkan karkater manusia dan bangsa Indonesia agar memiliki karkater yang baik, unggul dan mulia. Upaya yang tepat untuk itu adalah melalui pendidikan, karena pendidikan memiliki peran penting dan sentral dalam pengembangan potensi manusia, termasuk potensi mental. Melalui pendidikan diharapkan  terjadi transformasi yang dapat menumbuhkembangkan karakter positif, serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik. Apa yang saudara dapatkan dari narasumber kegiatan ini, diharapkan memberikan nilai positif dan menjadikan saudara mahasiswa yang berkarakter.
Tahun Akademik 2016/2017 jumlah mahasiswa Akademi Komunitas Kota Singkawang yang diterima sebanyak 63 orang yang terdiri dari 46 orang program studi TI dan 17 orang program studi TPHP. Jumlah keseluruhan mahasiswanya 154 orang dan tahun 2016 akan diwisuda 44 orang. Kegiatan pembukaan pendidikan karakter dilaksanakan di aula Kantor Walikota Singkawang pada hari Senin 26 September 2016 dan dihadiri seluruh SKPD dilingkungan pemerintah Kota Singkawang, para Pembantu Direktur dan WMM dilingkungan Politeknik Negeri Pontianak, para pimpinan perbankan, pimpinan industri dan perguruan tinggi/akademi di Kota Singkawang.

(Sumber :www.polnep.ac.id)

Posting : Sugeng Riyadi, S.ST - Humas AKS

Berita Terkait


----- Kampus Akademi Komunitas Singkawang (Eks. Gedung Kapet) Jl. Merdeka No. 3 Kelurahan Tengah Kecamatan Singkawang Barat Kota Singkawang -----          ¤          ----- Program Studii Di Luar Domisili (PDD) Singkawang Rintisan Akademi Komunitas Negeri Singkawang -----          ¤          ----- "Akademi Komunitas Singkawang" Satu - satunya Kampus Negeri yang ada Di Kota Singkawang dibawah Binaan Langsung Politeknik Negeri Pontianak (Solusi Tepat Memasuki Dunia Usaha)-----          ¤          ----- Selamat Datang di Website Akademi Komunitas Singkawang -----          ¤