Selasa, 24 Januari 2017

Sekilas Tentang AK


Latar Belakang

Era ekonomi berbasis pengetahuan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan terdidik. SDM yang dibutuhkan ini kedepan kemudian mengerucut pada spesialisasi dan spesifikasi bidang keterampilan yang menuntut adanya pendidikan khusus.  Dalam rangka pembangunan ekonomi nasional melalui penguatan ekonomi daerah, kebutuhan  SDM yang terdidik dan terampil bersama pemerintah daerah.

Empat kwadran kehidupan, untuk kwadran III dan IV jumlah anak bangsa yang berada di cluster tersebut sampai  60%, artinya cukup serius harus dicarikan jalur khusus untuk menyelesaikan persoalan pendidikan tinggi tersebut.

Tujuan Akademi Komunitas

- Meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi

- Menyiapkan SDM didaerah setempat.
 
- Memberikan kesempatan kepada pekerja di daerah untuk meningkatkan kompetensinya.
 
- Memperluas akses pendidikan tinggi kepada siswa dikabupaten dan kota

Deskripsi Program

Akademi Komunitas dikembangkan untuk seluruh lapisan masyarakat, baik mereka yang belum atau sudah bekerja, mereka yang ingin meningkatkan keterampilan atau mereka yang ingin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

 

Akademi Komunitas Kolaborasi dengan Industri

Akademi Komunitas bentuk ini berada dalam sepenuhnya dilingkungan Pusdiklat (Training Center) industri. Akademi Komunitas yang berada dalam industri mempunyai dua fungsi utama yaitu: 

- Sebagai wadah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri terkait.
- Sebagai tempat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki oleh industri terkait.
 

Akademi Komunitas Kolaborasi dengan Kelompok Masyarakat

Akademi Komunitas kelompok ini merupakan sebuah bentuk dimana Akademi Komunitas berdiri secara mandiri dan tidak berada dalam perguruan tinggi, SMK maupun Industri.

Misalnya :

Kelompok Tani

Demografi Penduduk : Suatu wilayah dimana masyarakatnya banyak yang menjadi TKW, sehingga perlu diberikan penguasaan bahasa asing dan keterampilan

 

Akademi Komunitas Perguruan Tinggi

(Menempel di Perguruan Tinggi)

Bentuk Akademi Komunitas dalam Perguruan Tinggi yang merupakan sebuah rancangan dimana community college dijalankan dan dinaungi oleh Perguruan Tinggi. Bentuk Akademi Komunitas ini juga tetap bermitra dengan industri guna terjadinya sebuah hubungan yang saling menguntungkan antara Akademi Komunitas dengan industri.

 

Akademi Komunitas Kolaborasi dengan SMK

Bentuk Akademi Komunitas berkolaborasi dengan SMK merupakan sebuah bentuk dimana Akademi Komunitas berada di dalam lingkungan SMK. SMK menjadi pilihan karena merupakan pusat pendidikan keterampilan di daerah dan telah ditunjang dengan peralatan yang sesuai dengan keterampilan yang ingin dimiliki. 

 

Studi Kelayakan

Pihak perguruan tinggi akan melakukan studi kelayakan terhadap SMK yang nantinya akan menjadi tempat AK. Studi ini akan melihat dan memastikan bahwa sarana dan fasilitas sesuai dengan jurusan yang akan dibuka. 

1. Memorandum of Understanding (MOU) 

Menjalin memorandum Of Understanding (MOU) antara SMK dengan Perguruan Tinggi beserta Dinas Pendidikan Setempat.

2. Mendesain Kurikulum, Silabus, SAP dan Modul

Perguruan Tinggi melalui Kepala Unit Terkait, dan Program Studi Terkait akan menyiapkan kurikulum, ilabus, materi pelatihan,     ujian dan juga pembinaan Akademi Komunitas Sedangkan dari pihak SMK perlu menyiapkan Laboratorium sebagai tempat proses   pembelajaran, SDM sebagai tenaga pengajar, penyiapan uji komptensi industry dan bagian administrasi akademik khusus untuk   Akademi Komunitas.

3. Training for Teacher   

Training for teacher ini dilakukan untuk memberikan pelatihan dan standarisasi pengajar Akademi Komunitas .

4. Penyelenggaraan Akademi Komuitas

Setelah dikeluarkannya surat ijin yang menyatakan bahwa Akademi Komunitas boleh di buka di SMK terkait, monitoring akan terus dilakukan untuk memastikan bahwa program dapat berjalan sesuai dengan rencana.

 

 



----- Selamat Datang Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017 Akademi Komunitas Singkawang -----          ¤          ----- Selamat Datang di Website Akademi Komunitas Singkawang -----          ¤